Twitter Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon


WISATA BANTEN 0

Pulau Sangiang, Banten
Pulau Sangiang terletak di desa Cikoneng, kecamatan Anyer, kabupaten Serang, Banten. Untuk menuju pulau ini, anda dapat mengawali perjalanan dari kota Serang, Banten dengan memilih jalur ke Cilegon menggunakan bus umum atau kendaraan pribadi. Sesampainya di Cilegon, perjalanan dapat dilanjutkan menuju Anyer dan berhenti di kawasan Pantai Manuk di desa Cikoneng. Dari pantai inilah, anda dapat langsung menuju Pulau Sangiang dengan menggunakan kapal atau perahu motor selama lebih kurang 1 jam 30 menit mengarungi perairan selat Sunda.

Sesampainya di Pulau Sangiang, anda dapat memulai perjalanan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata, seperti menjelajah hutan Sangiang, melihat keindahan alam bawah laut di perairan Sangiang serta wisata sejarah. Cukup dengan berkunjung ke satu pulau saja yakni Pulau Sangiang, anda telah dapat mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang ada disana. Itulah mengapa, Sangiang seringkali disebut sebagai Seven Wonders of Banten atau Tujuh Keajaiban Banten.

Pulau Umang & Pulau Oar
Pulau ini memang tidak besar, hanya seluas 5 hektar, tapi fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Bagi yang senang bermain air dan olahraga, Anda dapat bermain jet ski, banana boat, atau snorkeling. Ada juga kolam renang yang berbatasan dengan pantai, jadi sambil berenang kita juga bisa menikmati indahnya pantai. Selesai berenang, tersedia jacuzzi untuk memijat tubuh yang pegal. Bila Anda senang untuk bermalas-malasan, ada juga paket spa, di mana kita dapat menikmati pijat dengan aromaterapi disertai suara deburan ombak.

Perairan di pulau ini masih banyak terdapat ikan. Di dekat dermaga, kita dapat melihat kumpulan ikan yang berkelompok. Ini dapat menjadi tempat untuk Anda yang mempunyai hobby memancing. Untuk anak-anak, ada juga berbagai permainan untuk anak seperti ayunan, trombolin, dll.

Kita juga dapat bersantai di gazebo yang terdapat di depan masing-masing suites tempat kita menginap dan berada tepat di pantai. Tempat yang ideal untuk menikmati sunrise atau sunset. Saat makan malam suasana romantis bisa Anda dapatkan bila ingin makan di tepi pantai sambil mendengar suara ombak. Atau bisa juga di dalam cafe sambil mendengarkan alunan lagu yang dilantunkan penyanyi.

Dekat dengan pulau Umang, terdapat pulau Oar. Pulau ini belum terlalu dikelola dan masih sangat alami. Berbagai jenis kerang-kerangan masih banyak di tempat ini. Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa menggunakan kapal nelayan yang disediakan dari Pulau Umang.

Pulau Oar yang bermakna pulau yang banyak ditumbuhi Oar atau pohon sejenis bakau ini, baru berdiri saung tempat berisitirahat. Berbeda dengan Pulau Umang dengan luas sekitar 5 hektar dan ikon gedung berbentuk umang atau keong, yang memiliki fasilitas lengkap. Hotel kelas bintang 4 di pulau tersebut memiliki kolam renang yang berbatasan pantai, spa, voli pantai, arena bermain, dan lainnya. Hal-hal yang tidak biasa seperti ini banyak dilirik wisatawan.

Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung, memiliki panorama pantai yang alami dan indah berpasir putih serta karang yang unik. Suasana dan kondisi kawasan wisata andalan Kabupaten Pandeglang ini cocok kegiatan olahraga air (snorkling, diving dan jetski). Terletak di sebelah Barat wilayah Pandeglang. Kondisi air tenang dan jernih. Di bagian utara dari tanjung merupakan daerah perbukitan yang tidak begitu curam. Disini terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk lagoon, bagian air laut membentuk seperti danau seluas 12 ha dan kedalaman sampai 5 meter dengan kondisi air yang tenang.

Menuju Pantai Tanjung Lesung ini kita dapat memilih dua jalan alternatif. Pertama, bisa keluar melalui pintu tol Serang Timur – Pandeglang atau yang kedua keluar melalui pintu tol Cilegon. Pilihan saya pagi ini keluar melalui pintu tol Serang Timur – Pandeglang.

Untuk menuju ke kawasan Pantai Tanjung Lesung tidaklah terlalu sulit. Banyak sekali traffic sign yang disediakan oleh pemda setempat sebagai penunjuk arah kepada para wisatawan yang hendak berkunjung ke lokasi. Perjalanan dari pintul tol Serang Timur menuju Pantai Tanjung Lesung menempuh sekitar 2 jam waktu perjalanan.

Air Tejun Cihear & Cigumawang
Air terjun cihear terletak di gunung Leutik di dalam kawasan gunung Halimun Salak antara Desa Cigobang dan Desa Ciladeun Kecamatan Lebak Gedong Kabupaten Lebak. Air Terjun Cihear merupakan objek wisata yang sangat menark dan indah, dengan aliran air yang sangat deras mencapai ketinggian 25 meter, dengan lebar 6 meter. Air terjun ini berde-katan dengan wisa-ta Arung Jeram Sungai Ciberang, ditempuh dengan jarak 5 km melalui jalur pendakian dari Kampung Muhara selama 3 jam dan 1.5 km dari desa Cigobang dengan waktu 1 jam.

Panorama Kawasan Gunung Halimun Salak dapat Anda nikmati sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Cihear, dengan pemandangan hamparan flora yang indah. Selain menikmati pemandangan, Anda juga dapat menjumpai berbagai fauna langka seperti: Elang Jawa, Monyet dll. Air terjun Cihear dikelilingi pula oleh air terjun kecil lainnya menambah indahnya bunyi alam pegunungan.

Selain Cihear ada juga Air Terjun Cigumawang, air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter dan terda-pat di kecamatan Pandarincang Kabupaten Serang. Memiliki keindahan alam dan panorama pe-gunungan yang dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan alami dengan iklimnya yang sejuk.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat untuk hiking, tracking, fotografi dan camping, lokasi wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 1.5 jam atau 51 kilometer dari kota Serang menuju Pandarincang, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan dan persawahan selama 0.5 jam.

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan obyek wisata alam yang menarik, dengan keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikan alam berupa sungai-sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya/sejarah (Arca Ganesha, di Gunung Raksa Pulau Panaitan). Kesemuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sulit ditemukan di tempat lain. Jenis-jenis ikan yang menarik di Taman Nasional Ujung Kulon baik yang hidup di perairan laut maupun sungai antara lain ikan kupu-kupu, badut, bidadari, singa, kakatua, glodok dan sumpit. Ikan glodok dan ikan sumpit adalah dua jenis ikan yang sangat aneh dan unik yaitu ikan glodok memiliki kemampuan memanjat akar pohon bakau, sedangkan ikan sumpit memiliki kemampuan menyemprot air ke atas permukaan setinggi lebih dari satu meter untuk menembak memangsanya (serangga kecil) yang berada di daun-daun yang rantingnya menjulur di atas permukaan air.

Baduy – Cisungsang
Terletak di kaki Gunung Halimun, Desa Cibeber Kabupaten Lebak, kawasan ini dikelilingi oleh 4 (Empat) desa adat lainnya yaitu Desa Cicarucub, Bayah, Citorek, dan Cipta Gelar. Untuk menuju ke Masyarakat Adat Cisungsang memerlukan waktu 5 jam dari kota Rangkasbitung Kab. Lebak atau berjarak ± 175 Km dari pusat Provinsi Banten. Kondisi jalan menuju lokati tersebut cukup baik dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Cisungsang memiliki luas ± 2.800 km2 dengan jumlah penganut adat Cisungsang 11.000 jiwa dan ini tersebar di kota-kota di Indonesia. Nama Masyarakat Adat Cisungsang pada awalnya berasal dari nama salah satu sungai yang mengalir dari Talaga Sangga Buana. Talaga ini mengalir ke 9 (sembilan) sungai yaitu Sungai Cimadur, Ciater, Cikidang, Cisono, Ciberang, Cidurian, Cicatih, Cisimeut, dan Cisungsang.

Bagi para wisatawan yang penat dengan rutinitas keseharian, kawasan sejenis ini sedang menjadi trend alternatif, yang sangat tepat dalam ‘me-recovery’ sekaligus pembangkit jiwa petualangan anda, tentu dengan suguhan alam asri, dalam balutan budaya masyarakat tradisional. Sekaligus nikmati pula fasilitas tradisional home stay dengan harga yang sangat terjangkau.

Sawarna & Tanjung Layar
Pantai Sawarna yang menghadap ke samudera hindia terletak di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Labak Provinsi Banten, Bayah sendiri terkenal karena tambang batubaranya. Di halaman-halaman rumah di sini biasanya banyak tumpukan benda yang berwarna hitam tersebut untuk dijual. Konon ketika jaman penjajahan Jepang dibangun jalur kereta api ke bayah untuk mengangkut hasil bumi tersebut. Ongkos pembangunan jalur rel yang amat sangat mahal karena mengorbankan banyak nyawa pekerja romusha.
Pantai-pantai di Bayah merupakan satu dari sekian banyak tempat di Indonesia yang berlabel Hidden Paradise yang belum tersentuh oleh industri Pariwisata, hanya orang-orang yang punya minat khusus aja yang datang dan mengenalkan tempat-tempat seperti ini melalui mulut ke mulut serta tulisan artikel di Internet.

Karang bolong
Pantai karang Bolong - Anyer, mungkin sejenak kita akan membayangkan bagaimana bentuk fisik dari pantai yang diberi nama karang bolong. Setelah berada di dalam pantai ini pengunjung akan mengetahui dengan sendirinya mengapa pantai ini dinamakan demikian.

Pantai ini merupakan kawasan rekreasi pantai di mana terdapat sebuah karang besar yang tengahnya berlubang secara alamiah dengan membentuk lengkungan. salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menghadap ke laut lepas. Kemungkinan besar Karang Bolong ini terjadi karena akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Di bagian puncaknya terdapat kupel peninjauan dan hutan ini sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Karang Bolong yang terlertak 50 Km dari kota Serang atau 140 Km dari kota Jakarta, sekitar 11 km ke arah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan. Di Pantai ini terdapat batu karang yang sangat besar yang berdiri membentuk lengkungan. Salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menjorok ke laut.

Pantai Karang Bolong, letaknya yang di pinggir jalan memudahkan para pengunjung menemukan pantai ini. Sebelum masuk pengunjung membeli tiket terlebih dahulu.untuk pengunjung yang membawa ken-daraan pribadi dapat memarkir kendaraannya di dalam areal karang bolong.

Bila sedang ramai, kendaraan pengunjung diharuskan parkir di luar areal kawasan yang telah disediakan oleh pengelola. Pasir di Pantai Karang Bolong masih relatif bersih dan putih. para pengunjung biasanya tidak kuasa untuk tidak menyusuri pantainya, sambil sesekali merendamkan kaki di air lautnya yang dingin.
Ikon kebanggaan pantai ini tentunya batu karang yang sangat besar yang di tengah-tengahnya bolong karena terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Oleh pengelola pantai ini, beberapa bagian karang diberi anak tangga agar pengunjung bisa menaiki karangnya hingga bagian atas. Dari tempat ketinggian di atas karang itulah para pengunjung bisa menikmati pemandangan laut.

Comments
0 Comments

0 Responses So Far:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.