Twitter Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon


WIMAX Sarana Komunikasi Masa Depan 0

Teknologi WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), tengah di tunggu-tunggu di Indonesia. Apa saja keunggulannya dibandingkan dengan teknologi broadband internet lainnya? Kita akan membedah teknologi WIMAX pada artikel ini.

Definisi
WIMAX merupakan perkembangan teknologi terbaru generasi keempat (4G) akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA), yang merupakan akses tinggi dengan jangkauan luas untuk memenuhi kebutuhan akses internet tinggi dengan kemampuan yang lebih baik disbanding teknologi sebelumnya telah hadir, sperti WiFi dan system selular seperti GPRS, EDGE, 3G dan 3.5 G.

Keunggulan WIMAX yang paling nyata terlihat pada kemampuan pengiriman data dengan kecepatan yang lebih tinggi. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 Mbps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.

Cara kerja WIMAX:
- WIMAX bekerja dengan cara mentransmisikan data dari BTS ke terminal atau modem pelanggan dengan tingkat kualitas layanan (Quality of Service) tertentu yang di optimalkan secara dinamis.
- Layanan WIMAX dapat digunakan oleh siapapun dan baik digunakan di rumah, kantor, dan di manapun selama berada di dalam area BTS WIMAX
- Modem WIMAX dapat digabungkan dengan Wifi sehingga pelanggan bisa langsung menikmati segala keunggulan yang ditawarkan perangkat ini dalam waktu yang bersamaan.

Perkiraan harga:
Perkiraan tarif yang akan dikenakan masih bersifat perkiraan, karena operator masih belum final menentukan besaran nilai, sebagai gambaran sementara yang di keluarkan dari salah satu operator adalah:

1 Mbps Perkiraan harga Mulai Rp. 150.000 Operator ISP & 3 G Mulai Rp. 150.000
2 Mbps Perkiraan harga Mulai Rp. 250.000 Operator ISP & 3 G Mulai Rp. 300.000
4 Mbps Perkiraan harga Mulai Rp. 900.000 Operator ISP & 3 G Mulai Rp. 1.500.000

Manfaat Membangun Jaringan LAN (Local Area Network)
Banyak keuntungan yang didapatkan dari terciptanya standardisasi industri ini. Para operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WiMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan tingkat kompatibilitas lebih tinggi. Selain itu, pasarnya juga lebih meluas karena WiMAX dapat mengisi celah broadband yang selama ini tidak terjangkau oleh teknologi Cable dan DSL (Digital Subscriber Line).

WiMAX salah satu teknologi memudahkan mereka mendapatkan koneksi Internet yang berkualitas dan melakukan aktivitas. Sementara media wireless selama ini sudah terkenal sebagai media yang paling ekonomis dalam mendapatkan koneksi Internet. Area coverage-nya sejauh 50 km maksimal dan kemampuannya menghantarkan data dengan transfer rate yang tinggi dalam jarak jauh, sehingga memberikan kontribusi sangat besar bagi keberadaan wireless MAN dan dapat menutup semua celah broadband yang ada saat ini. Dari segi kondisi saat proses komunikasinya, teknologi WiMAX dapat melayani para subscriber, baik yang berada dalam posisi Line Of Sight (posisi perangkat-perangkat yang ingin berkomunikasi masih berada dalam jarak pandang yang lurus dan bebas dari penghalang apa pun di depannya) dengan BTS maupun yang tidak memungkinkan untuk itu (Non-Line Of Sight). Jadi di mana pun para penggunanya berada, selama masih masuk dalam area coverage sebuah BTS (Base Transceiver Stations), mereka mungkin masih dapat menikmati koneksi yang dihantarkan oleh BTS tersebut.

Sistem kerja MAC-nya (Media Access Control) yang ada pada Data Link Layer adalah connection oriented, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi berbentuk video dan suara. Siapa yang tidak mau, ber-internet murah, mudah, dan nyaman dengan kualitas broadband tanpa harus repot-repot. Anda tinggal memasang PCI card yang kompatibel dengan standar WiMAX, atau tinggal membeli PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) yang telah mendukung komunikasi dengan WiMAX. Atau mungkin Anda tinggal membeli antena portabel dengan interface ethernet yang bisa dibawa ke mana-mana untuk mendapatkan koneksi Internet dari BTS untuk fixed wireless.

Operator 4G WiMAX Pertama di Indonesia
Sitra WiMAX adalah operator 4G WiMAX pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband di bulan Juni 2010. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadat dan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Propinsi Banten, Sumatera Utara, dan Propinsi NAD.

Penulis sempat melihat pameran di PX Pavillion dalam rangka perkenalan dan registrasi dimana Sitra akan memberikan gratis modem dan paket berlangganan selama 2 bulan untuk testing saja, itupun tidak disebutkan berapa nilai modem itu sendiri setelah masa promo.

Daerah coverage yang masuk dalam rentang waktu; untuk Agustus 2010 yang bisa menikmati WImax adalah daerah sekitar Karawaci, September – Puri Indah + Kebon Jeruk, Oktober – Kelapa Gading + Gading Serpong, November – Bintaro + Cinere, Desember – DKI Jakarta. Jadi untuk Jakarta diharapkan bisa masuk pada bulan Desember.

Layanan WiMax
WiMax dapat mendukung hampir semua kebutuhan komunikasi personal, perumahan, ataupun bisnis, seperti :
Multiplayer gaming
Teleconference
Instant Messaging
IPTV
Video Streaming
Web Surfing
Download Content

Anda berminat? bersabarlah , karena teknologi ini baru dan memerlukan peralatan yang bisa menunjang Wimax, tidak semua alat bisa diterima dengan baik, selain itu tidak semua area bisa di cover oleh Wimax sampai akhir tahun.

Comments
0 Comments

0 Responses So Far:

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.